Pelatihan Pengelolaan Sampah Sistem 3R

Foto untuk : Pelatihan Pengelolaan Sampah Sistem 3R

                Pada Tanggal 6 Agustus 2019 telah diadakan acara Pelatihan Pengelolaan Sampah Sistem 3R yang bekerja sama dengan Satgas DAK Sanitasi Kementrian PUPR di RM. Icha Orient Tarzan Saradan dalam rangka pelaksanaan kegiatan pembangunan TPS 3R di Desa Kenongorejo Kecamatan Pilangkenceng Kabupaten Madiun. Agar dapat lancer sesuai dengan ketentuan Perundang – undangan yang berlaku dan Pasca Pembangunan dapat beroperasional dengan baik sesuai tujuan semula yaitu mengolah sampah habis di titik – titik timbulan sampah sehingga kualitas pengelolaan sampah lebih baik, hemat biaya operasional dan usia TPA akan semakin panjang.

            Pada tahun 2008 telah terbit Undang – undang nomor 18 Tahun 2008 tentang Pengelolaan Sampah dan aturan pelaksanaannya terangkum pada Peraturan Pemerintah Nomor 81 tentang Pengelolaan Sampah Rumah Tangga. Hal ini menunjukkan bahwa hingga saat ini pengelolaan sampah masih bermasalah dan belum optimal. Untuk itu pengelolaan sampah perlu dilakukan secara terus menerus dan terpadu mulai dari hulu sampai ke hilir agar memberikan manfaat bagi masyarakat dan aman bagi lingkungan.

            Sebagai pedoman pengelolaan sampah secara terintegrasi dari hulu ke hilir, maka duarkan Peraturan Presiden nomor 97 Tahun 2017 tentang Kebijakan dan Strategi Nasional Pengelolaan Sampah Rumah Tangga dan Sampah Sejenis Sampah Rumah Tangga (JAKSTRANAS) dimana Pemerintah telah mencanangkan target pengurangan sampah 30% dan penanganan sebesar 70% di Tahun 2025.

            Sampai saat ini Kabupaten Madiun baru mampu menangani sampah diwilayah urban (perkotaan saja) ±10% dari seluruh potensi timbulan sampah yang ada antara lain: Caruban, Nglames, Jiwan, Wungu, Dolopo, Pagotan, Saradan, Balerejo, Muneng, dll. Sedangkan di wilayah perdesaan masih belum bias tertangani karena keterbatasan sumber daya manusia dan sarana prasarana yang dimiliki.

            Sesuai Peraturan Bupati Madiun nomor 60A Tahun 2018 tentang Kebijakan Strategi Daerah Kabupaten Madiun dalam pengelolaan sampah rumah tangga dan sampah sejenis sampah rumah tangga yang merupakan penjabaran dari Peraturan Presiden Nomor 97 Tahun 2017 tentang Kebijakan dan Strategi Nasional Pengelolaan Sampah Rumah Tangga yang mana ditargetkan bahwa pengelolaan sampah di Kabupaten Madiun tertangani 100% dengan 30% pengurangan dan 70% penanganan,maka untuk melaksanakan kebijakan tersebut perlu dukungan semua pihak baik Pemerintah Daerah, Sektor Swasta, dan yang lebih penting lagi kesadaran warga masyarakat secara keseluruhan untuk mengelola sampah yang diproduksinya dengan baik dan benar sehingga diharapkan target Kabupaten Madiun bersih sampah 2025 dapat tercapai.

            Lingkungan Hidup sangatlah penting bagi kehidupan kita dan anak cucu dimasa depan maka dibutuhkan kepedulian semua pihak untuk saling menjaga kelestarian lingkungan kita dengan cara yang sederhana mulai dari mengelola sampah kita sendiri hingga membuat hijau lingkungan sekeliling kita agar hidup kita lebih bersih, lebih sehat, dan lebih bernilai.