Rapat Persiapan Penyusunan Dokumen Informasi Pengelolaan Lingkungan Hidup / Nirwasitra Tantra

Foto untuk : Rapat Persiapan Penyusunan Dokumen Informasi Pengelolaan Lingkungan Hidup / Nirwasitra Tantra

         Pada Hari Selasa, 6 Maret 2018 telah diadakan rapat persiapan penyusunan dokumen informasi pengelolaan Lingkungan Hidup / Nirwasitra Tantra. Rapat ini dibuka oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Madiun, Ir. Bambang Brasianto, S,Pd. M.Pd diikuti oleh beberapa OPD dan Instasi  yang mempunyai kewenangan beserta INOVASI 2017 yang Telah dilakukan dan INOVASI 2018 yang akan dilaksanakan berkenaan dengan pengolahan Lingkungan.

          Status Lingkungan Hidup Daerah (SLHD), mulai pelaporan Tahun 2016 berubah menjadi Dokumen Informasi  Kinerja Pengelolaan Lingkungan Hidup Daerah (IKPLHD) adalah laporan tahunan yang disusun oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Madiu yang berisi analisis PSR mengenai tekanan (Pressure), kondisi (State) dan langkah pemerintah (Respon) kegiatan pembangunan, perkembangan penduduk terhadap lingkungan hidup serta data dan informasi pendukungnya.

        Nirwasita Tantra adalah Penghargaan kepada Kepala Daerah atas kepemimpinannya dalam upaya meningkatkan kualitas lingkungan hidup di daerahnya berdasarkan Dokumen Informasi Kinerja Pengelolaan Lingkungan Hidup Daerah (IKPLHD) atas respon dan inovasi yang telah dilakukan. Nirwasitra Tantra Tahun 2018 adalah penilaian Dokumen Informasi Pengelolaan Lingkungan Hidup Tahun 2017.

     Berdasarkan Surat dari Sekretaris Jenderal Kementerian Lingkungan Hidup no S118/SETJEN/DATIN/DIN.0/2/2018 perihal penyampaian Dokumen Informasi Kinerja Lingkungan Hidup Daerah Tahun 2018 Nirwasitra Tantra sampai batas akhir pengiriman soft file Dokumen IKPLHD kepada Dinas Lingkuan Hidup sebelum tanggal 2 April 2018 yang kemudian direkomendasikan oleh provinsi ke web kementrian LHK pada tanggal 5 Mei 2018.

        Pada Tahun 2017 Kabupaten Madiun berhasil menempati Kategori Harapan ke-3 (peringkat 6). Dukungan serta kerjasamanya dari semua pihak agar Kabupaten Madiun dapat mempertahankan bahkan dapat meningkatkan prestasi dan pencapaian dalam penyusunan Dokumen IKPLHD di tahun 2018 ini.

 

 

            Salam Lestari.